-->

Mengenal Lebih Jauh Tentang RAM Smartphone

Advertisemen

Mengenal Lebih Jauh Tentang RAM

Ram smartphone adalah ?

Mungkin anda mendengar ataupun membaca di tabloid ataupun diinternet tentang istilah RAM. Biasanya pada spesifikasi sebuah smartphone atau tablet terdapat keterangan misalnya RAM 2 GB. Nah apa yang sebenarnya maksud RAM itu ?

Secara umum pengertian RAM ( Random Acces Memory ) adalah sebuah perangkat keras atau sering disebut hardware yang fungsinya menyimpan data sementara . RAM bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data data penting yang dibutuhkan oleh prosesor secara cepat dan diolah menjadi informasi.

Sebagai contoh ketika anda membuka aplikasi misalnya WhatsApp pada smartphone anda , maka prosesor akan membuka aplikasi tersebut dari tempat penyimpanan memori internal dan kemudian meload ke RAM . Sepert itulah pemahaman secara sederhana fungsi RAM pada Handphone. Atau bisa dikatakan  RAM adalah memori untuk menempatkan aplikasi yang sedang dijalankan.


Kenapa aplikasi yang dijalankan harus ditempatkan di RAM ? kaena agar bisa diproses dengan cepat oleh prosesor. Prosesor memiliki kemampuan untuk memproses data dengan cepat, dan biasanya tempat penyimpanan memori internal dalam menyuplai data tidak bisa mengimbangi kecepatan prosesor, maka dari itu diperlukan sebuah memori RAM sebagai perantara


Nah, sekarang RAM Smartphone sudah mencapai 6GB bahkan tahun ini beberapa vendor menyiapkan smartphone dengan RAM 8GB.  Memang sepenting itu ? Bukannya RAM 3GB sudah cukup ?


Seharusnya semakin besar RAM maka akan semakin bisa menyimpan banyak kegiatan pada smarthphone atau multitasking . Namun bukan besaran RAM saja yang dapat mendongkrak kemampuan multi task. Software pun harys berkualitas baik. Saat ini banyak beredar video OnePlus 3 VS Samsung Galaxy S7. OnePlus 3 sendiri memakai RAM 6GB sedangkan Galaxy S7 dengan RAM 4GB. Tapi terlihat Samsung Galaxy S7 lebih terlihat perkasa di bandingkan dengan OnePlus 3. Kemungkinan besar software dari OnePlus 3 belum optimal, terbukti dari pernyataan CEO OnePlus yang memang mengakui belum optimalnya software pada OnePlus 3.


Lah menurut admin sendiri besaran RAM yang bagus berapa GB ? Besaran RAM disesuaikan dengan kebutuhan aja sih, admin pengguna yang sangat aktif sosmed dan browsing. Saatini menggunakan RAM 3GB namun kadang kala aplikasi yang admin buka kembali butuh loading. Untuk zaman sekarang minimal carilah smartphone dengan besaran RAM 2GB. Toh harganya sudah murah, Smartphone harga sejutaan sudah mendapat spesifikasi yang baik.

*Baca Juga
Membuat Penguat Sinyal GSM Dengan Barang Sederhana
10 Penyebab PC Menjadi Lambat Dan Cara Mengatasinya
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments