-->

Perbuatan yang Menyebabkan Masuk Neraka Part 1

Advertisemen

Perbuatan yang Menyebabkan Masuk Neraka 

Perbuatan yang Menyebabkan Masuk Neraka
Ilustrasi | RizkyInfo
RizkyInfo - Kali ini RizkyInfo akan bagikan tentang perbuatan yang menyebabkan masuk neraka. Berdasarkan keterangan Al-Qur'an dan Hadist Nabi, amal perbuatan dosa yang menyebabkan orang masuk neraka itu banyak sekali . Nah, disini saya akan jelaskan perbuatan-perbuatan yang menyebabkan masuk neraka , Antara lain :

1. Syirik
Perbuatan yang Menyebabkan Masuk Neraka

Syirik menurut bahasa adalah menyekutukan . Dan syirik menurut istilah adalah menyekutukan Allah swt. dengan sesuatu makhluk yang lain, baik itu dalam bentuk pengakuan ,perkataan,maupun dalam pebuatan.Adapun bagi yang berbuat di sebut musyrik . Ketika jaman jahilliyah, orang-orang Arab bila ditanya siapa Tuhan yang menciptakan langit dan bumi? Mereka menjawab Allah tetapi kenyataannya mereka juga menyembah patung berhala lata dan uzza , maka dari itu kaum Quraisy, disebut kaum musrykin. Sobat RizkyInfo kita harus berfikir sebelum berbuat dan berkata , bisa saja yang kita perbuat dan katakan bisa menyekutukan Allah.

2. RIYA' 
Perbuatan yang Menyebabkan Masuk Neraka

Riya' artinya pamer atau berpura-pura berbuat baik. Adapun menurut istilah ialah memerkan dirinya kepada orang lain sebagai orang yang ahli ibadah, orang yang berpengetahuan luas , orang yang amal shodaqahnya banyak dan lain-lainnya. kesemuanya itu dilakukan supaya mendapat pujian dari orang yang melihantnya, dan sedikitpun dia tidak ingin mendapat pahala dari Allah . Sobat RizkyInfo hindari sifat riya' ya . 

3 Membunuh Manusia 

Membunuh manusia adalah melepaskan nyawa seseoang dari jasadnya dengan sengaja, baik itu karena dendam, iri hati , fitnah, maupun karena yang lain yang oleh Agama Islam tidak membenarkan , yaitu tiada dasar dari Al-Qur'an dan Hadist . Ingatlah bahwa perbuatan seperti ini sangat dilarang agama dan mendapat laknat Allah swt. Bagi si pelakunya dan bakal masuk neraka . Pada jaman sekarang betapa mudahnya seseorang melakukan pembunuhan hanya karna urusan sepele. 

4.Menyuap Hakim 

Perbuatan yang Menyebabkan Masuk Neraka
Menyuap hakim adalah memberikan sejumlah barang atau uang atau jasa dan berupa lain-lain kepada orang yang berhak menentukan hukum atau hakim dengan tujuan supaya mau memberri kebebasan hukum yang telah dibebankan atau melepaskan dan membekukan suatu perkara yang telah dituduhkan kepadanya. Karena itu menyuap hakim merupakan salah satu ddari perbuatan yang mengandung dosa besar dan akan mendapat laknat dari Allah SWT dan Rasul-Nya . Perbuatan ini akan memporakporandakan dasar-dasar hukum dan membinasakn keadilan hukum serta akibatnya bakal terjadi kedholiman dimana-mana .

5. Melakukan Sihir 

Perbuatan yang Menyebabkan Masuk Neraka
Ilustrasi Sihir/Santet
Sihir ialah sesuatu perkara yang luar biasa dilakukan orang tertentu dengan cara tertentu, dengan meminta bantuan kepada setan dalam rangka untuk tujjuan merusak hubungan suami istri , membuat manusia menjadi melarat atau menderita, mendatangkan bahaya bagi orang lain, membuat orang lain cinta kepadanya, seperti menggunakan guna-guna dan juga berupa jampi-jampian atau sering disebut santet. Perbuatan ini sangat dilarang oleh agama dan bagi yang melakukan divonis kafir . Juga bagi si pelakunya termasuk dosa besar.. Jangan dikira hanya para dukun sihir yang bakal dilaknat oleh llah, melainkan orang yang dayang pada dukun sihir untuk menyantet atau menihir lawannya juga ikut menanggung dosa besar. 

6. Durhaka Kepada Keduan Orang Tua 

Perbuatan yang Menyebabkan Masuk Neraka
Durhaka kepada kedua orang tua adalah tidak berbuat baik kepadanya , tidak taat kepada perintahnya , tidak mau menolong kepadanya, tidak mau memuliakan dan menghormatinya, berlaku kasar , baik pada ucapan maupun perbuatan yang membuat orang tua sakit hati . Karena itu ucapan,sikap atau perbuatan yang menjadikan sakit hati kepada kedua orang tua, maka perbuatan itu divonis durhaka dan termasuk dosa besar. 

7. Berzina

Perbuatan yang Menyebabkan Masuk Neraka

Zina adalah melakukan hubungan kelamin seorang laki-laki dengan seorang wanita tanpa ada akad nikah yang sah. Perbuatan ini dilarang kerang oleh agama , Karena itu zina merupakan dosa besar . Jaman sekarang , perbuatan zina mudah dilakukan oleh anak anak di bawah umur , entah faktor keluarga atau apa yang membuat anak berbuat zina secara bebas .Yang jelas perbuatan ini merupakan dosa besar.

8.Pemimpin yang Tidak Adil

Perbuatan yang Menyebabkan Masuk Neraka

Yang dimaksud pemimpin tidak adil adalah menempatkan sesuatu yang tidak pada tempat yang sebenarnya atau berat sebelah atau bisa dikatakan pilih kasih daidalam menentukan kebijaksanaan. Sedangkan yang dimaksud pemimpin yang tidak adil yaitu pemimpinyang punya sikap memihak atau tidak netral dalam menetapkan hukum yang berlaku . Pemimpin yang tidak adil akan senantiasa dhalim kepada rakyat ,dan disebut juga pemimpin dhalim . Dan baginya berdosa besar , yang pada gilirannya di akhirat nanti mendapat siksa yang amat pedih .

Sekian yang dapat saya sampaikan , nantinya akan lanjut ke part yang kedua . Terus kunjungi RizkyInfo atau subscribe blog RizkyInfo .

Semoga Bermanfaat





Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments