-->

Apa Itu Steganografi ? Ini Jawabnnya

Advertisemen

Apa Itu Steganografi ?


Steganografi adalah seni dan ilmu menyembunyikan informasi dengan menanamkan pesan dalam lainnya, gambar yang tampaknya tidak berbahaya atau jenis media lainnya.Kata steganografi berasal dari bahasa Yunani dan berarti "tulisan tersembunyi". Penggunaan tercatat pertama dari istilah itu pada 1499 oleh Johannes Trithemius di Steganographia, sebuah risalah pada kriptografi dan steganografi menyamar sebagai sebuah buku tentang sihir. Umumnya, pesan akan muncul untuk menjadi sesuatu yang lain: gambar, artikel, daftar belanja, atau covertext lain dan, klasik, pesan tersembunyi mungkin dalam tinta tak terlihat antara the garis yang terlihat dari surat pribadi.Ini berasal dari Yunani, dan itu berarti "menulis tertutup". Hal ini dapat ditelusuri kembali selama berabad-abad, ketika utusan digunakan untuk mencukur kepala mereka, tato pesan ke kepala mereka, maka tunggulah sampai rambut mereka tumbuh kembali, perjalanan ke tujuan mereka, dan akhirnya mencukur kepala mereka lagi untuk mengungkapkan pesan. Teknik lain yang digunakan adalah etsa pesan di tablet kayu, dan kemudian menutupnya dengan itu. Mereka juga menggunakan tinta tak terlihat, cipher nol, dan microdots untuk menyampaikan pesan. Steganografi telah datang jauh sejak hari-hari.Sekarang, steganografi adalah mengubah bit baik gambar, dokumen suara, atau bahkan dokumen lain, untuk menyembunyikan pesan.

Steganografi telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, karena ledakan internet dan multi-media digunakan secara umum. Sebagian besar perhatian telah ditarik sekarang karena penggunaan sembarangan teknik. Telah digunakan untuk terorisme, penipuan, spionase, dll Hal ini telah menjadi ancaman tidak hanya untuk individu dan bisnis, tetapi untuk instansi pemerintah dan keamanan dalam negeri, bukan hanya di Amerika Serikat, tetapi di seluruh dunia. Inilah sebabnya mengapa sekarang ada minat yang tumbuh di steganalysis, yang merupakan deteksi data yang tertanam. Masalahnya adalah, ada begitu banyak metode untuk menanamkan informasi, sulit untuk mengembangkan program-program untuk membedakan antara berbagai jenis. Ada lebih dari 100 program gratis steganography, seperti Outguess, tersedia di internet, dan dilaporkan bahwa ada lebih dari 1 juta download software ini, yang pergi untuk menunjukkan seberapa populer steganografi menjadi. Hal ini tidak selalu digunakan dalam cara yang jahat, beberapa orang hanya ingin menyimpan informasi rahasia pribadi mereka, atau menggunakannya sebagai cara lain untuk mengenkripsi informasi penting, tetapi kenyataannya adalah bahwa hal itu dapat digunakan dengan cara kriminal, dan itulah yangkekhawatiran tentang.Apa sajakah program steganografi?

          
Tidak hanya ada beberapa program yang menyembunyikan informasi, ada beberapa metode yang berbeda untuk melakukannya. Ada tiga cara dasar: injeksi, substitusi, dan generasi. Dengan injeksi, idenya adalah untuk menemukan daerah dalam file yang tidak digunakan, seperti pada akhir sebuah lagu misalnya, dan memasukkan data dalam ruang itu. Pergantian menemukan bit paling signifikan, dan menempatkan dokumen tersembunyi di sana. Generasi menciptakan sebuah file yang sama sekali baru, berbasis di sekitar informasi yang Anda inginkan tersembunyi, misalnya, menciptakan gambar lukisan berdasarkan bit yang ada di file.

            
Ada juga beberapa program yang berbeda, dengan metode mereka sendiri bahwa semua jatuh di bawah salah satu kategori yang disebutkan di atas. Outguess adalah salah satu program tersebut, itu adalah alat steganografi universal yang memungkinkan masuknya informasi yang tersembunyi dalam bit berlebihan dari sumber data. Hal ini menentukan jumlah maksimum informasi yang dapat dimasukkan ke jpeg tanpa mengubah jumlah statistik, sehingga sulit untuk menemukan menggunakan uji statistik. Ada juga beberapa orang lain seperti S-alat.
Apa Steganalysis?

           
Steganalysis hanyalah deteksi steganografi oleh pihak ketiga. Ini adalah bidang yang relatif baru, karena teknologi baru balik steganografi hanya menjadi populer. Ada dua jenis utama steganalysis: analisis visual dan statistik (algoritmik) analisis.Analisis visual mencoba untuk mengungkapkan adanya informasi yang tersembunyi melalui pemeriksaan dengan mata telanjang atau dengan bantuan komputer, yang dapat memisahkan gambar menjadi pesawat bit untuk analisa lebih lanjut.Analisis statistik yang lebih kuat dan sukses, karena mengungkapkan perubahan terkecil dalam perilaku statistik gambar itu. Ada beberapa uji statistik yang dapat dijalankan pada gambar: byte rata-rata, variasi byte, miring, kurtosis, deviasi rata-rata dan nilai-nilai diferensial.

  
Steganografi TeknisSteganografi Teknis menawarkan berbagai macam metode. Hal ini hampir mustahil untuk membagi semua metode ini. & Its menggunakan metode ilmiah untuk menyembunyikan pesan, seperti penggunaan tinta tak terlihat atau microdots dan metode ukuran-pengurangan lainnya.Beberapa metode steganografi teknis adalah:Tinta tak terlihatSalah satu metode dengan tradisi terpanjang.MicrodotsSebuah metode yang dapat digunakan untuk menyembunyikan sampai satu halaman dalam satu titik.Metode berbasis komputerMenggunakan informasi yang berlebihan dalam teks-teks, gambar, suara, video, ...

Steganografi LinguistikSteganografi linguistik menyembunyikan pesan dalam carrier dalam beberapa hal yang belum ada dan lebih dikategorikan sebagai semagrams atau kode terbuka.Terbuka KodeTeks terbuka dibaca dalam kasus kode terbuka sebagian besar dibangun dengan baik. Hal ini dapat berisi kata-kata atau kalimat tertentu, huruf tertentu dapat di tempat-tempat tertentu dalam teks atau kata-kata dapat disembunyikan dalam posisi vertikal atau terbalik.Metode utama adalah:MaskingDalam teks mungkin ada kalimat atau kata-kata yang dimulai dengan huruf tertentu, yang memiliki arti lain. Ada juga bisa menjadi metafora, dll Sejauh semua jenis jargon sebenarnya masking.IsyaratSebuah kata tertentu muncul dalam teks mengangkut pesan. Pesan ini sangat sering digunakan dalam masa perang untuk menyiarkan informasi kepada kelompok-kelompok perlawanan di negara musuh.Null-cipherTeks tersembunyi dapat direkonstruksi dengan mengambil pertama (kedua, ...) huruf dari setiap kata (atau setelah tanda baca, dll).Pesan tersembunyi juga dapat ditemukan secara vertikal, diagonal atau dalam urutan terbalik. Ini juga bisa menjadi perlu untuk menulis ulang teks terbuka dalam bentuk lain (misalnya dengan sejumlah huruf per baris).

# Semagrams menyembunyikan informasi dengan menggunakan simbol-simbol atau tanda-tanda. Sebuah semagram visual yang menggunakan benda-benda fisik tampak tak berdosa atau sehari-hari untuk menyampaikan pesan, seperti corat-coret atau posisi barang di atas meja atau Website. Sebuah semagram teks menyembunyikan pesan dengan memodifikasi tampilan teks pembawa, seperti perubahan halus dalam ukuran font atau jenis, menambahkan spasi tambahan, atau berkembang yang berbeda dalam huruf atau teks tulisan tangan.
 
 
Sebagai peningkatan jumlah data yang disimpan pada komputer dan ditransmisikan melalui jaringan, itu tidak mengherankan bahwa steganografi telah memasuki era digital.Pada komputer dan jaringan, aplikasi steganography memungkinkan bagi seseorang untuk menyembunyikan semua jenis file biner dalam file biner lainnya, meskipun file gambar dan audio operator yang paling umum saat ini.Steganografi menyediakan beberapa fungsi yang sangat berguna dan penting secara komersial di dunia digital, watermarking terutama digital. Dalam aplikasi ini, penulis dapat menanamkan pesan tersembunyi dalam file sehingga kepemilikan kekayaan intelektual nantinya bisa menegaskan dan / atau untuk memastikan integritas konten. Seorang seniman, misalnya, bisa posting karya seni asli pada Website. Jika orang lain mencuri file dan mengklaim pekerjaan sebagai sendiri, artis nantinya bisa membuktikan kepemilikan karena hanya dia / dia dapat memulihkan watermark. Meskipun secara konseptual mirip dengan steganografi, watermarking digital biasanya memiliki tujuan teknis yang berbeda.Umumnya hanya sedikit informasi berulang-ulang dimasukkan ke carrier, tidak perlu untuk menyembunyikan informasi watermarking, dan ini berguna untuk watermark untuk dapat dihapus dengan tetap menjaga integritas dari carrier.
Steganografi Tools
Peralatan onlinehttp://www.spammimic.comhttp://www.gdataonline.com
Softwares:1. S PeralatanS-Tools bersembunyi di berbagai media penutup. Perangkat lunak ini merupakan ilustrasi yang baik dari versi yang berbeda bersembunyi di media yang berbeda. Versi ini menutupi bersembunyi di BMP, GIF, WAV, dan bahkan di ruang disk floppy terpakai.Download: - http://www.spychecker.com/program/stools.html

2.MP3Stego.yang menyembunyikan file teks dalam file teks yang lebih besar, dan terakhir alat yang menyembunyikan file di MP3 disebut MP3 StegoDownload: - http://www.petitcolas.net/fabien/steganography/mp3stego/index.html

3.Steganos SuiteDiuji satu produk steganografi komersial, Steganos Suite.

4.Camouflage 2.0

5.Dmagic.Menyembunyikan file dan folder pada sistem Windows

6.Hermetic Stegooleh Peter Meyer, Hermetik Sistem Program ini mampu bersembunyi di gambar BMP atau di beberapa gambar BMP.
Download: - Download

7.jpeg-Jsteg
 
DOS menyembunyikan informasi dalam koefisien DCT dari format gambar JPEG JFIF itu
.Download: - Download/

8.SnowSalju (juga varian termasuk! SnowDOS, SnowJava, JSnow By Matthew Kwan tersedia dalam DOS dan JAWA format executable. "Salju mengeksploitasi sifat steganografi spasi. Menemukan trailing spasi dalam teks seperti menemukan beruang kutub di tengah badai salju. Dan itu menggunakan algoritma enkripsi ICE, sehingga nama yang tematis konsisten
.Download: - Download
9.SteghideSource code aviailable dan beberapa port yang tersedia untuk sistem operasi yang berbeda. GAMBAR: (BMP) AUDIO: (WAV, AU)
Download: - Download

10.wbStegowbStego adalah steganografi untuk menyembunyikan data dalam bitmap, file teks dan file HTML.Download: - Download
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments