-->

Membuat Penguat Sinyal GSM dari Bahan Sederhana

Advertisemen
Membuat Penguat Sinyal GSM dari Bahan Sederhana

Penguat Sinyal GSM – Sinyal merupakan salah satu bagian penting dalam menentukan kecepatan sebuah jaringan hp maupun modem. Keberadaan sinyal rupanya juga menjadi masalah karena kekuatan sinyal di berbagai tempat juga berbeda. Jika berada di lokasi yang strategis, pastinya tidak akan menemukan masalah. Namun jika berada di lokasi yang sedikit terpencil, pastinya sinyal menjadi masalah yang lumayan menjengkelkan. Masalah lemahnya sinyal itu banyak ditemukan di banyak desa terpencil.

Masalah lemahnya sinyal biasanya terjadi karena lokasi rumah maupun desa yang terpencil. Lokasi terpencil tersebut, membuat jangkauan sinyal terhambat oleh tembok rumah ataupun bukit yang ada di sekitar rumah. Masalah itu bisa diatasi dengan memindah modem ke lokasi strategis. Misalnya membawa laptop ke dataran yang lebih tinggi yang memungkinkan mendapatkan sinyal. Tapi pastinya hal itu akan sangat merepotkan. Ada cara lain yang lebih simpel yaitu menggunakan penguat sinyal GSM. Penguat sinyal GSM itu ada yang beli dan juga ada yang membuat sendiri. Pada dasarnya modem sudah memiliki antena baik itu internal maupun eksternal. Jika ingin mencari penguat sinyal GSM yang dijual di pasaran. Biasanya seharga 40 ribu sampai 100 ribu. Namun sayangnya dari beberapa review yang ada di beberapa forum, penguat sinyal GSM itu tidak berfungsi dengan baik. Kebanyakan modem sekarang menggunakan antena internal. Dari antena internal tersebut kita bisa menyambukannya dengan alat yang bisa menguatkan sinyal. Dengan kata lain kita dapat membuat penguat sinyal GSM sendiri.

Membuat Penguat Sinyal GSM dari Bahan Sederhana

Membuat penguat sinyal GSM tidak memerlukan dana banyak. Cukup memanfaatkan beberapa bahan daur ulang saja sudah dapat membuat sinyal GSM semakin kuat. Untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan bahan daur apa saja yang bisa dijadikan sebagai media penguat sinyal GSM. Bahan-bahannya adalah:

1. Lilitan Kawat Tembaga

cara ini merupakan langkah paling sederhana dalam membuat alat penguat sinyal GSM. Kita tinggal menggunakan kabel tembaga sepanjang 30 sampai 50 cm. Kemudian lilitkan kawat tembaga tersebut ke modem sebanyak dua kali. Sisa kawat yang tidak ikut terputar, arahkan ke bagian atas modem. Kupaslah plastik yang menutupi tembaga di bagian itu. Jika caranya tepat, hal itu akan mampu menguatkan sinyal GSM di modem kita.

2. Gelas dan Alumunium Foil

Ambil alumunium foil lalu bungkuslah gelas dengan kertas itu. Setelah semua sisi gelas terlapisi, masukkan modem ke dalam gelas. Sepertinya memang mustahil meningkatkan sinyal, tapi dari buktinya terlihat peningkatan sinyal yang cukup signifikan.

3. CD Rusak

Jika kita memiliki kepingan CD yang sudah tidak terpakai lagi. Jangan langsung dibuang begitu saja. Kepingan CD itu bisa didaur ulang menjadi penguat sinyal GSM. Caranya letakkan kepingan CD di bawah modem. Percaya atau tidak, sudah ada yang mempraktekkan dan itu terbukti meningkatkan sinyal modem.

4. Kabel Konektor

Meggunakan kabel konektor juga dapat menjadi alat penguat sinyal GSM. Namun perlu kabel yang cukup panjang. Usahakan panjang kabel bisa mencapai genting. Ikat kabel konektor di atas genting, kemudian colokkan modem. Jangan lupa untuk menaruh tutup panci di dekat modem. Usahakan tidak akan terkena panas atau hujan agar modem tidak rusak. Ujung kabel lainnya hubungkan ke laptop. Setelah itu silahkan coba dan lihatlah penguat sinyal GSM sederhana itu bekerja dengan baik.

5. Sendok dan Tutup Kaleng Bekas

Ambil sendok yang sudah tidak terpakai, lalu bengkokkan ujung sendok yang biasa menjadi pegangan membentuk huruf U agar bisa menjepit modem. Tempatkan tutup kaleng bekas di atas meja lalu letakkan modem yang sudah dijept sendok tadi di atasnya.

Itulah beberapa trik sederhana membuat penguat sinyal GSM. Selain berlaku di modem HSM, cara itu juga berjalan di modem CDMA. Selamat mencoba.

Baca Juga
Tips Saat Downgrade Windows
Mengatasi Task Manager Yang Macet
10 Penyebab PC menjadi Lambat Dan Cara mengatasinya
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments