-->

Berikut Para Calon Penghuni Neraka

Advertisemen

Para Calon Penghuni Neraka


Neraka adalah tempat penyiksaat kelak di akhirat, didalamnya penuh dengan siksaan dan berbagai macam kesengsaraan serta penghinaan . Siksanya mat pedih, penjaganya malaikat- malaikat yang bengis , kasar dan kejam ; tiada seorang pun yang dapat mengelakkan diri dari neraka kalua ia memang sudah di nash / ditetapkan masuk neraka oleh Allah SWT. Tiada seorangpun yang dapat memberikan pertolongan kecuali pertolongan Allah SWT

Kita sebagai umat muslim tentu tidak menginginkan tempat kembalinya kelak diakhirat barada di neraka . Untuk menhindarkan kita dari cengkeraman neraka Jahannam yang sangat keras siksaannnya, hendaknya kita mengisi kehisupan didunia ini penuh ketaatan dan kepatuhan terhadap perintah perintah Allah SWT .

Selanjunyasiapakan yangakan menjadi calon neraka iyu ? Dalam hal ini Allah melaluifirman-Nya menegaskan bahwa neraka Jahannam itu disediakan atau dihuni untuk orang – orang berikut :

  • Musyrik

Musyrik ialah Orang yang menyekutukan Allah, menjajarkan sesuatu dengan Allah, baik sifat , pebuatan-Nya. Perbuatan tersebut dinamakan Syirik . Syirik merupakan Dosa besar yang Palig Besar ( nenek moyangnya dosa ) . Perbuatan dosa syirik inilah yang mengantarkan seseorang masuk ke dalam neraka . Perbuatan syirik itu suatu dosa yang Allah tidak mengampuniNya, kecuali bagi yang dikehendaki-Nya. Oleh karena itu hendaknya kita jauhi perbuatan syirik atau sesuatu yang menjurus kepada syirik.

Allah memperingatkan kepada hamba-Nya untuk menjauhi perbuatan syirik . Sebagai mana tercantum pada Al-Qur’an Surat AnNisa’ ayat 48.

  • Kafir

Kafir ialah orang yang tidak beriman atau tidak beragama islam; perbuatannya disebut kufur .Orang kafir ini tidak mempercayai bahwa Adanya Allah SWT, sifat- sifat yang dimiliki-Nya, menolak ajaran – ajaran yang dibawa oleh para Nabi dan Rasul-Nya. Mereka orang kafir ini tidak mau menerima barang yang haq , yang mengantarkan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat ; sementara mereka menerima barang – barang yang bathil . Amal usahanya orang – orang kafir ini tidak diterima oleh Allah.

Ancaman yang diberikan oleh Allah kepada orang – orang yang kafir adalah neraka , dan orang kafir ini sebagai penghuninya. Sebagaimana firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 6-7

  • Murtad

Murtad adalah orang islam yang keluar dari agamanya ; berganti agama.Perbuatan semacam ini dinamakan “Riddah” yang menyebabkan iman seseorang gugur. Murtad bisa disebabkan oleh syirik ; menyangkal salah satu atau seluruh rukun islam dan rukun iman ; menghina atau mempermainkan agama ; menghalalkan yang haram dan mengharamkan yang halal. Murtad adalah termasuk perbuatan dosa besar yang mengantarkan seseorang menjadi penghuni neraka kelak pada hari kiamat . Dalam hal ini Allah menegaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 217
“ Barangsiapa yang murtad ( kembali kepada kekafiran ) diantar kamu dari agama islam, lalu dia mati dalam keadaan kekafiran (pula) maka mereka itulah yang sia – sia amalan mereka di dunia dan di akhirat dan mereka itulah penghuni neraka , mereka kekal di dalamnya “

  • Munafik

Munafik ialah orang yang bermuka dua, mengaku beriman padahal hatinya ingkar ; dimulutnya manusia dalam hatinya busuk ; perbuatan ini disebut nifaq, yang sangat berbahaya dalam kehidupan ini . Kelihatannya ia menjadi pembela islam, tapi dalam hatinya musuh islam. Nabi Muhammad saw memberikan ciri khas kepada orang munafik (bermuka dua ini) dalam satu haditsna : “Tanda orang munafik ada tiga, yaitu : apabila berbicaraia berdusta , apabila berjanji ia memungkiri dan apabila dipercaya ia berkhianat.”
Perbuatan nifaq ini menyebabkan sesorang menjadi penghuni neraka .

  • Manusia Dan Jin yang Durhaka

Manusia dan jin yang durhaka kepada Allah , tidak mau mematuhi dan menaati perintah – perintah Allah, kelak pada hari kiamat akan dicampakkan oleh Allah kedalam neraka

Pada dasarnya manusia dan jin sama-sama diwajibkan oleh Allah melaksanakan perintah – pritah Allah, dan menjauhi larangan – larangan-Nya; oleh karenanya antara manusia dan jin itu ada yang mukmin dan ada yang kafir . Manusia itu ada yang mukmin dan juga ada yang kafir begitu juga dengan jin . manusia dan jin yang kafir inilah yang akn menjadi penghuni neraka. Sebagaimana ditegaskan oleh Allah dalam Al-Qur’an surat Huud ayat 119 :
“ Sungguh Aku ( Allah ) akan penuhi neraka Jahannam itu dengan jin dan manusia ( yang durhaka kepada Allah)”

  • Orang yang Bergelimang Dalam Dosa Besar

Orang muslim laki – laki dan perempuan yang tindak- tanduknya tidak sesuai dengan ajaran islam, bertentangan dengan syariat islam; bertentangan dengan Al-Qur’an maupun Hadist dan belum sempat bertaubat sampai akhir hayatnya, mereka inilah yang menjadi penghuni neraka

Jadi seorang yang mengaku dirinya islam, kemudian tingkah lakunya tidak sesuai dengan perintah Allah SWT, misalnya ia meninggalkan shalat , tidak berpuasa Ramadhan , melakukan perbutan zina , atau dengan kata lain mereka ini bergelimang dalam perbuatan – perbuatan dosa besar, maka mereka ini tercatat sebagai calo -calon penghuni neraka.

Nah , itulah beberapa Para Calon Penghuni Neraka

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments