-->

Beberapa Penyebab PC Sering Restart Sendiri

Advertisemen

Penyebab PC Sering Restart Sendiri


RizkyInfo - Sebelumnya saya minta maaf karena tidak bisa update post tentang Android. Tapi , Sering bahas tentang Komputer dan Film . Kali ini RizkyInfo kembali membahas tetang komputer yaitu penyebab laptop / komputer sering restart sendiri . Inilah beberapa penyebabnya pc restart sendiri.


1. Power Suplay Dayanya Rendah
- Daya power suplay yang rendah disebabkan karena dua hal, terlalu banyak beban perangkat yang terpasang atau kemampuan power suplay sudah menurun karena faktor usia atau adanya kerusakan komponen didalam power suplaynya.
 

2. HDD Mengalami Bad Sector
- HDD yang mengalami bad sector parah, akan menyebabkan susah dibaca dan crash, ujung ujungnya dapat menyebabkan restart dan biasanya diawali dengan munculnya Blue Screen Of Dead (BSOD)
 

3. RAM Bermasalah
- Posisi penempatan RAM tidak pas/selip sehingga arus listrik tidak masuk pada salah satu pin terminal ram
- RAM lemah atau tidak cocok dengan mainboard
 

4. Tegangan listrik rendah
- Jika pada poin awal adalah PSU yang rendah daya, maka kali ini adalah tegangan listrik dari PLN yang emang rendah. Hal ini dapat menyebabkan kerja komponen CPU tidak maksimal dan dapat menyebabkan restart. Untuk mengatasi hal ini, usahakan kita memasang UPS sebagai penyetabil tegangan dan penyimpan daya listrik
 

5. Putaran Kipas HSF Terganggu
Kipas heatsink jika putarannya terganggu atau rendah, dapat menyebabkan restart - restart. Biasanya disebabkan adanya penyumbatan debu - debu. Jika panas prosesor sudah tidak dapat diatasi lagi oleh kipas hsf (overheating) maka CPU akan mati dan biasanya tidak dapat dinyalakan sebelum dingin. Untuk mengatasi hal ini, bersihkan debu - debu yang melekat pada kipas atau ganti dengan kipas baru jika kondisinya sudah lemah/seret serta berikan pasta pendingin pada body atas prosesor.

6. Windows Corrupt
Adanya file windows yang korup / hilang / terinfeksi virus juga dapat menyebabkan hal ini, untuk mengatasinya kita bisa sekedar merepair windowsnya atau meng-inul sekalian.

Itulah penyebab komputer / laptop kita menjadi sering restart sendiri
Semoga Bermanfaat.

*Baca Juga
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments