-->

Tips Saat Akan Men-Downgrade Windows Pada Laptop

Advertisemen



Tips Saat Akan Men-Downgrade Windows Pada Laptop - Banyak user mengeluhkan saat mencoba downgrade atau menurunkan versi windows-nya kemudian menemukan banyak masalah. Dan masalah utamanya adalah adanya beberapa fitur pada laptopnya yang TIDAK BERFUNGSI.
Oleh karenanya sebelum men-downgrade windows ada baiknya memperhatikan hal - hal berikut ini :


  • Cek pada web resminya dulu,

Langsung masuk ke bagian DRIVER yang disediakan saja, dari sana bisa ketahuan windows terendah yang support dengan laptop ente versinya apa dan berapa bit. Cukup perhatikan pada pilihan Operating System terendah yg muncul pada opsi pemilihan driver, misal opsi terendahnya adalah windows 7 32bit, berarti laptop tersebut masih bisa diinstalli Windows 7 32 bit dan drivernya masih disediakan. 
Untuk link resmi driver laptop bisa dilihat dimari
Rata - rata user berspekulasi untuk menangani masalah driver ini dengan menggunakan aplikasi seperti Driver Pack Solution, tapi kadang jika memang drivernya tidak ada atau tidak support ya tetap saja tidak berhasil.


  • Pertimbangkan saat akan men-downgrade windows

Terutama dari windows 8 keatas dan akan diturunkan ke windows 7, rata - rata akan mengubah tipe partisi dari GPT ke MBR, tentunya kita harus melalui proses formating hdd secara total dan tentunya kita harus membackup data hdd terlebih dahulu, belum lagi jika ternyata OS yang kita pasang tidak support alias tidak ada drivernya, tentu jika ingin kembali menggunakan windows 8 keatas kita harus mengubah kembali tipe partisinya dari MBR ke GPT.


  • Yang terakhir dan juga bagian terpenting adalah, apakah windows yg akan kita downgrade tersebut adalah Orisinil atau tidak ?

 Tentunya sayang bukan jika windows sebelumnya adalah orisinil kemudian kita ganti dengan non-orisinil ? Kecuali jika secara fungsi memang kurang berkenan atau sudah siap menerima keadaan bahwa laptop kita nantinya diisi non-orisinil atau kita mampu menyediakan dvd installer orisinil 

Itulah beberapa tips saat akan mendowngrade windows . Sekian

Semoga Bermanfaat
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments