-->

Inilah Sifat Dan Ciri Calon Penghuni Surga

Advertisemen

Sifat Dan Ciri Calon Penghuni Surga




Sifat dan ciri-ciri orang yang akan menjadi calon penghuni surga ,yaitu : Pada saat hidup diduianya. Dialam kubur.Pada hari kiamat dan di surga

1. Ketika Hidup Di Dunia

Menurut keterangan Al-Qur’an ,bahwa keadaan dan sifat calon penghuni surga saat diduniannya yaitu :

Bagi mereka beriman dan beratqwa dengan sungguh-sungguh. Demikian juga selama dikehidupan dunia baginya senantiasa beramal shaleh.
Tersebut dalam surat Al Hujarat ayat 13 :
Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah yaitu orang yang paling beratqwa di antara kamu
Ketahuilah, bahwa antara iman dan beramal shaleh itu tidak bisa dipisahkan . Karena mustahil dapat kita raih kebahagiaan manakala kita tidak beriman dan beramal shaleh. Baik kebahagiaan didunia maupun diakhirat nanti.
Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai hal ini marilah kita simak penegasan Allah SWT. Dalam Al Qur’an surat Al-Ashr, ayat 2-3 :
Sesungguhnya manusia itu benar-benar didalam kerugian. Kecuali orang-orang yang berimandan mengerjakan amal shalehdan nasehat-menasehati agar mematuhi kebenaran dan nasehat menasehati agar menetapi kesabaran
Dan penting sekali kita ketahui , bahwa amalan yng termasuk amal shaleh menurut keterangan dari Al Qur’an dan Al Hadist, yaitu:
  • Mengerjakan Shalat
  • Berpuasa
  • Beribadah haji
  • Bersedekah
  • Amar ma’ruf nahi munkar
  • Berjihad (berjuang) di jalan Allah


2. Di Alam Kubur

Di dalam sebuah hadist telah diceritakan bahwa apabila orang itu mati dan ada didalam kubur, maka ia bakal mengetahui apakah termasuk ahli surga atau ahli neraka, karena dialam kubur dia diperlihatkan tempatnya di akhirat. Jika ia ahli surga maka ia dapat melihat surga, jika dia ahli neraka maka ia akan diperlihatkan kepedihan siksa neraka. Hl ini diperlihatkan pada setiap pagi dan sore hingga datangnya hari kiamat.


3. Pada Hari Kiamat Dan Di Dalam Surga
Wajah mereka berseri-seri, bersinar dan bercahaya yang amat terang.
“ Wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri.” (QS Al Qiyamah, ayat 22)

Ada yang mengatakan wajah-wajah berseri itu seringnya mengerjakan wudhu untuk shalat ketika hidup di dunia. Seperti dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW :
“ Sesungguhnya umatku pada hari kiamat nanti mendapat sebutan “Ghuran Muhajjalin” (putih seluruhnya bagian anggota wudhunya) dari bekas wudhunya”
Dari penjelasan oleh Nabi Muhammad SAW diatas , maka kita paham dan mengetahui , bahwa melakukan wudhu yang benar dan sempurna saat akan mengerjakan sholat, maka bagian dari anggota wudhu khususnya wajah kita akan tampak berseri-seri putih dan bersih dihari kiamat nanti.

Sedangkan keadaan penghuni surga di dalam surga itu seperti keterangan didalam Al Qur’an dan Al Hadist dibawah ini :
  • Hati mereka sama saja antara penghuni surga yang satu dengan yang lain.
  • Mereka senatiasa berbahagia
  • Tidak pernah kentut, kencing, sakit dan buang kotoran .
  • Keringatnya berbau harum , sebagai mana minyak kasturi.


Selain itu semua kebutuhan mereka terpenuhi dengan seketika. Apapun yang merek inginkan pasti dikabulkan. Keadaan ini berlangsung terus selama-lamanya ( abadi)

Gimana sobat, sungguh besar kuasa Allah atas segala kenikmatan yang telah diberikan kepada hambaNya. Mau Daftar Jadi Ahli Surga ? Perbanyak Shalat dan Amal Shaleh. 
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments