-->

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Install Ubuntu ? Ini Jawabannya

Advertisemen

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Install Ubuntu ?


Bagipengguna ubuntu yang sudah berpengalaman, mungkin sudah tahu apa sajayang harus dilakukan setelah menginstal ubuntu. Tetapi untuk penggunabaru, mungkin masih bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan setelahmenginstal ubuntu. Nah, dalam artikel kali ini, saya akanmembahas 6 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Install Ubuntu 14.10.

6 Hal Yang HarusDilakukan Setelah Install Ubuntu 14.10.


  • Update Sistem Ubuntu

SetelahAnda install ubuntu, sangat disarankan untuk meng-updatesistem, supaya ubuntu yang andainstal lebih kompatibel dan stabil dengan komputer atau laptop anda.
Caraupdate :
sudoapt-get update


  • Upgrade aplikasi

Setelahubuntu uptodate, sekarang giliran upgrade aplikasi yang sudah terinstal di ubuntu,caranya :
sudoapt-get dist-upgrade


  • Install Codec dan Runtime

Sekarang,kita install beberapa aplikasi dan runtime yang tersedia untukubuntu. Kenapa harus di instal ? Karena, dalam sistem operasi ubuntu,kita belum disedian essentials file atau codec untuk memutar berbagaifile. Akibatnya, kita belum bisa memutar file mp3, mp4 dan lainsebagainya.

Dan kita setidaknyaharus runtime java, karena beberapa aplikasi yang ada diubuntumembutuhkan java runtime untuk berjalan. Caranya :


sudo apt-get installsynaptic vlc gimp gimp-data gimp-plugin-registry gimp-data-extrasy-ppa-manager bleachbit openjdk-7-jre oracle-java8-installerflashplugin-installer unace unrar zip unzip p7zip-full p7zip-rarsharutills rar uudeview mpack arj cabextract

atau bisa lewatubuntu software center, dengan cara :
- buka ubuntusoftware center, ketik padakolom pencarian 'codec' 
-klik pada ubunturestricted extras, kemudianklik install.ss.


  • Install DriverTambahan

Ini sangat penting,karena beberapa hardware tidakkompatibel dengan ubuntu. Jadi kita harus menginstal driver hardwaretambahan untuk mendapatkan performa maksimal dari hardware yang kitagunakan. Biasanya VGA dari pabrikan Nvidia membutuhkan drivertambahan untuk memaksimalkan kinerja VGA di ubuntu. Caranya :

- Buka aplikasi Additional Drivers- Kemudian pilih Driver sesuai VGA Anda- klik Apply


Additional drivers di laptop 



  • Install Google Chrome


Googlechrome merupakan browser yang paling cepat dan membutuhkan memori ramyang kecil diantara browser yang saya pakai. Untuk menginstal Googlechrome di ubuntu bisa baca di artikel :


  • Bersihkan File Sampah

Jika 5 langkah diatas telah Anda lakukan, maka langkah diatas akanmeninggalkan beberapa file 'sampah' atau tidak perlu yang memakanmemori. Jadi kita harus menghapus file tersebut dengan cara :

sudoapt-get autoremove && sudoapt-get -y autoclean && sudo apt-get -y clean
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments